25 July 2018

Aplikasi Berbasis Website Untuk Kampus Gratis

Aplikasi Gratis Untuk Kampus Tercinta

Perkembangan perangkat (software) teknologi informasi sekarang semakin marak di dunia, semakin berkembangnya beberapa perangkat lunak yang modern saat ini membuat kita semakin mudah dan lebih efisien dalam menggunakan beberapa software terutama berbasis web.

Kebutuhan perangkat lunak (software) di kalangan kampus saat ini semakin sangat dibutuhkan dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas tertutama promosi kampus yang sangat perlu di tingkatkan. Beberapa software saat ini mampu membuat kampus semakin di kenal dan semakin lebih populer di dunia internet. Terkadang hal seperti ini bahwa beberapa kampus masih mengeluarkan banyak biaya untuk mengembangkan beberapa aplikasi yang dibutuhkan.

Adakalanya kita tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dan kita perlu menggunakan menggunakan Aplikasi untuk kebutuhan kampus, yang paling penting kampus sudah memiliki hosting website/sudah memiliki server sendiri. Ada beberapa aplikasi yang patut kita gunakan di antaranya :

1. Website Kampus

Situs Resmi Wordpress

Untuk membuat website kampus kita tidak perlu mengeluarkan biaya, apalagi kita ingin menyuruh seorang developer untuk membuat website dari awal. Itu tidak perlu dilakukan, karena kita cukup menggunakan cms wordpress. (https://wordpress.org/download/)

2. Library (Perpustakaan)

Situs Resmi Slim

Untuk membuat aplikasi perpustakaan sangatlah mengeluarkan banyak biaya, untuk solusi ini kita bisa menggunakan Aplikasi https://slims.web.id/web/. Dengan menggunakan aplikasi yang di kembangkan oleh slims (Senayan Library Management System) membuat perpustakaan kampus lebih modern.

3. OJS (Open Journal System)

Situs Resmi OJS

OJS adalah manajemen jurnal dan penerbitan sistem yang telah dikembangkan oleh Proyek Pengetahuan Umum melalui upaya yang didanai pemerintah federal untuk memperluas dan meningkatkan akses ke penelitian. (https://pkp.sfu.ca/ojs/)

4. SIAKAD (Aplikasi Sistem Informasi Akademik)

Situs Rresmi Gofeeder

Dari 3 Aplikasi sudah saya terapkan di kampus, sedangkan yang ini belum saya coba. Tetapi ini patut untuk di coba untuk kampus yang belum memiliki Aplikasi SIAKAD. (http://gofeeder.sevima.com/)
SEVIMA Gofeeder direkomendasi untuk Perguruan Tinggi yang :
+ Belum mempunyai SIAKAD
+ Jumlah Mahasiswa <3000
+ Sudah terdaftar dalam FORLAP
+ Sudah menggunakan Feeder

Itu saja yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat dan berguna dalam kemudahan dalam menunjang kampus yang lebih baik. Untuk bagaimana tutorial cara menginstall dan menggunakannya insya Allah akan saya paparkan satu persatu pada blog saya ini. Terimakasih.

Loading...

I am a fan of technology and i love coffee. I’m also interested in web programming and framework. below there are some accounts you can follow to contact me.

Comments

Thanks for comments.
EmoticonEmoticon