6 September 2018

Perlukah Kita Belajar OTODIDAK Dalam Membuat Program

Belajar membuat program

Hallo, apa kabarnya nih? (Saya berharap temen-temen selalu sehat dan dilancarkan rizkinya..Aamien) Sudah sekian lama tidak melanjutkan kembali post sebelumnya tapi kali ini sangat menarik lagi untuk dibahas mengenai temen-temen yang masih semangat ingin mencari berbagai informasi untuk belajar membuat program.

Ada beberapa pertanyaan yang mungkin sering muncul dikepala kita, atau juga sering di tanya-tanyakan :
  1. Bagaimana saya bisa bikin program? (How can I make a program?)
  2. Apa saja yang harus saya pelajari untuk membuat program? (What must I learn it for make a program?)
  3. Kemana saya bisa mempelajarinya?  (Where can I learn it?)

Jika temen bener-bener ingin belajar agar bisa membuat program beberapa hal yang perlu diketahui, pertama kita harus meluangkan banyak waktu untuk mempelajarinya. Jadi waktu itu benar-benar kita sediakan untuk belajar, tidak mengeluh apalagi patah semangat gara-gara tidak menemukan jawabannya.

Bagaimana dengan prakteknya, iya benar kita harus mencobanya minimal dengan kata "Hello World" dalam kode kita. Benar kata hello world itu merupakan kata-kata ajaib buat first programmer. Hehehe (Karena saya dulu benar-benar pernah mempraktekkannya)

Satu kata yang perlu kita ingat, "Tanpa pernah kita mencoba, Maka kita tidak akan pernah bisa selamanya". Mengikuti arus aliran air kemana kita harus belajar dan mencoba. Banyak orang bilang dengan kursus dan mengikuti pelatihan sebagainya maka kita akan bisa. Ente kuliah bertahun-tahun di bangku kuliah sebagian besar lulusan IT banyak juga gak bisa ngoding (Fakta bukan berarti kita tidak bisa sama sekali, itu dikarenakan karena tidak pernah mencoba dan mempraktekkannya).

Ada istilah kata "OTODIDAK" atau bisa kita sebut suatu keahlian atau ilmu yang di pelajari sendiri melalui buku, website dan informasi-informasi yang kita temui. Sebenar otodidak ini bukan berarti kita belajar tanpa guru melainkan kita belajar dengan mendapatkan sumber yang benar-benar dari orang-orang ahli secara tidak langsung kita berguru kepada orang-orang hebat loh (semua harus dengan energi positif dalam mencari ilmu). Jadi kenapa kita tidak belajar dan terus mencari informasi yang benar-benar kita butuhkan.

Ada beberapa website ataupun blog yang mungkin bisa kita ambil ilmunya seperti https://www.ariona.net/, https://www.w3schools.com/, https://www.codepolitan.com, beberapa aplikasi Android yang mana sudah banyak sekali dimana saja kita bisa belajar code program dan masih banyak yang lainnya (atau mbah google.com). Saya berharap temen-temen selalu aktif dalam praktek dan membaca dan memahaminya. Teruskan perjuangan tanpa mengeluh, tidak cukup kita belajar dengan hanya kata sekedarnya saja.

Mungkin pertanyaan-pertanyaan sudah saya jawab sesuai referensi saya, terus semangat pantang mengeluh teruskan perjuangan. Terimakasih buat temen-temen yang sudah berkunjung. Semoga informasi ini bermanfaat dan terus memotivasi temen-temen.

Loading...

I am a fan of technology and i love coffee. I’m also interested in web programming and framework. below there are some accounts you can follow to contact me.

2 comments:

  1. "pertama kita harus meluangkan banyak waktu untuk mempelajarinya"

    "kuliah bertahun-tahun di bangku kuliah sebagian besar lulusan IT banyak juga gak bisa ngoding (Fakta bukan berarti kita tidak bisa sama sekali, itu dikarenakan karena tidak pernah mencoba dan mempraktekkannya"

    Kedua pernyataan di atas sangat benar dan tepat ! Jadi, kalau mau bisa program perlu :
    1. meluangkan waktu yang banyak untuk belajar
    2. mempraktekkan bahan pelajaran yang sudah dipelajari (berani mencoba dan pantang menyerah walaupun sering gagal dalam mencoba).

    ReplyDelete

Thanks for comments.
EmoticonEmoticon