23 August 2018

Software-software Untuk Web Programmer

code program
Beberapa alasan kenapa saat ini banyak orang ingin belajar membuat program khususnya program web. Apakah kamu saat ini ingin menjadi seorang programmer web? sekarang perkembangan bahasa pemrograman web semakin terus berkembang banyak program-program perkantoran sudah di alihkan ke pemrograman web.

Ma'af ya kita skip dulu materi kita yang sebelumnya, sedikit terhambat penulisannya dan sekarang menjadi draft pada list postingan saya. Tidak jadi masalah kali ini postingannya cukup menarik dan ada hubungannya juga dengan materi kita untuk di kemudian hari.
draft in my blog
be a Draft in My Blog :'(

Jika kita ingin mempelajari atau ingin membuat sebuah aplikasi web apa saja yang kita butuhkan, apa saja yang kita perlukan. Diantaranya sebagai berikut :

1. Operating System (Sistem Operasi)
operating system
Jika kamu ingin membuat sebuah program maka kamu harus mempunya sistem operasi terlebih dahulu, jika tidak ada maka komputer yang anda gunakan tidak bisa di apa-apa kan. Hehhe

Untuk pilihan sistem operasi apa yang harus kita gunakan, itu tergantung kebutuhan temen-temen menguasainya di mana dan menggunakan apa (mungkin ada yang gunain Mac), jika anda ingin lebih expert lagi maka ada baiknya menggunakan sistem operasi linux seperti ubuntu, linux mint, fedora, openSUSE dan masih banyak distro-distro linux lainnya.

Sebagai alasannya mungkin temen-temen bisa baca disini : https://jalantikus.com/tips/kenapa-programer-lebih-suka-linux/

 2. Web Server Localhost
aplikasi web server xampp
Localhost adalah sebutan bagi server lokal di komputer kita. Kenapa kita memerlukan web server, jika anda ingin membuat aplikasi dengan bahasa pemrograman web tentunya anda tidak perlu langsung ke server yang asli, dan anda bisa menggunakan server lokal yang terinstall pada komputer kita.

Jika kita hanya membuat website statis (alias cuma html doang) ya... kita tidak perlu menginstall aplikasi web server lokal hehe.. dikarena kita membuat aplikasi yang dinamis yang adanya interaksi pengguna dan aplikasi maka kita perlu menginstall webserver lokal.

Untuk macam-macam web server localhost anda bisa baca disini : https://webhostmu.com/web-server-localhost/

Jika kita menginstall paket web server maka kita tidak perlu repot menginstall modul yang berhubungan dengan web server local, seperti aplikasi web server XAMPP, merupakan salah satu tools favorit para web developer (programmer) baik pemula maupun expert. Dengan XAMPP ini kita sudah menginstall aplikasi berbasis Apache Web Server.

3. Text Editor Sublime Text
sublime text
Banyak teks editor untuk membuat code-code program web seperti note pad, note (juga bisa bawaan sistem operasi), dreamweaver, notepad++, atom dan masih banyak yang lainnya.

Tetapi saya lebih menyarankan untuk menggunakan sublime text di karenakan sublime text lebih ramah lingkungan, tampilan cantik dan gratis lagi :-D. Dan juga kita perlu menginstall beberapa package pada sublime text kita sesuai dengan kebutuhan untuk memudahkan kita dalam mengetik kode-kode program web.

Jika anda ingin mendownload sublime textnya bisa di situs resminya : https://www.sublimetext.com/3

4. Web Browser
web browser
Tentunya untuk membuat aplikasi web kita pasti membutuhkan yang namanya web browser, yang namanya web itu di akses menggunakan web browser, mau di jadikan apapun aplikasi web pasti tentunya kita membutuhkan akses ke web browser. Web Browser bisa di install seperti google chrome dan mozilla firefox. Menurut saya sih cukup 2 web browser itu saja sudah cukup dikarena kan setiap komputer pasti sudah terinstall salah satu web browser tersebut.

Sebenarnya masih banyak aplikasi web browser yang digunakan tapi yang lebih sering di gunakan adalah 2 web browser tersebut. Jika tidak percaya, saat ini anda pasti menggunakan browser tersebut. Keculi handphone ya, karena handphone sebagian pengguna masih menggunakan web browser bawaan, dulu masih zamanya Om  Noke (alias Nokia) hehhe.. terkenalnya Opera Mini. Jadi kita gunakan yang sering digunakan saja. hehe

5. Aplikasi MySQL Workbench
mysql workbench
Untuk merancang sebuah database yang baik menggunakan DBMS (DataBase Management System) MySQL ada baiknya kita menggunakan MySQL Workbench sebagai aplikasi untuk merancang databasenya.

MySQL Workbench adalah sebuah perangkat aplikasi berbentuk visual yang dipergunakan untuk mengelola basis data. Perangkat aplikasi ini biasa digunakan oleh seorang arsitek basis data, pengembang basis data, serta administrator basis data. MySQL Workbench menyediakan model data, pengembangan SQL, dan peralatan administrasi yang komperhensif untuk konfigurasi server basis data, administrasi pengguna, dan masih banyak lagi. (sumber : Wikipedia.org).

Untuk mendownload aplikasi nya bisa klik link berikut : https://dev.mysql.com/downloads/workbench/

6. Aplikasi Mockup  Web
visual paradigm
Untuk membuat prototyping website atau aplikasi web yang akan dibuat maka kita memerlukan yang namanya mockup. Disini banyak aplikasi-aplikasi mockup yang sudah dibuat seperti wireframe, pencil project, UXPin, Balsamiq, Visual Pardigm, dan masih banyak yang lainnya. Pilih saja salah satu yang menurut temen-temen suka.

Untuk membaca lebih lengkap bisa mengklik link berikut : https://codecondo.com/free-wireframe-tools/

Jadi disini hanya sebagian kecil saja aplikasi yang dapat saya beritahukan, semakin sedikit aplikasi semakin ringan komputer kita dan semakin cepat akses ke beberapa aplikasi. Dikarena sebagai programmer itu memerlukan tingkat kecepatan proses di komputer, jadi kita juga harus meminimalisirkan aplikasi-aplikasi kita agar tidak terlalu berat. Jika komputer temen-temen memiliki spesifikasi tinggi silahkan install beberapa aplikasi pendukung untuk desain untuk mendesain aplikasi web yang akan dibuat.

Sekian dulu, jangan lupa baca-baca postingan yang lainnya, semoga bermanfaat. Thx

Loading...

I am a fan of technology and i love coffee. I’m also interested in web programming and framework. below there are some accounts you can follow to contact me.

Comments

Thanks for comments.
EmoticonEmoticon