28 August 2019

Auth Management Role User CodeIgniter (CI)


Setelah sekian lama tidak ngoding akhir kembali lagi ngoding, saat ini saya tertarik dengan laravel, tetapi tidak menjauhkan minat saya dari codeigniter. Setiap framework yang di munculkan pasti ada kelebihan dan kekurangan tetapi kita harus panda-pandai memanfaatkannya. Jangan terlalu fanatik sehingga kita lupa bahwa asal framework itu tidak terlepas PHP. Hehhe

Baiklah saya akan tunjukkan salah satu hasil karya saya setelah sekian lama tidak ngoding, mohon tidak mencela dan menjelek-jelekkan, bagi yang minat saja untuk membaca.

Aplikasi ini merupakan fungsi Auth, dimana auth merupakan kepanjangan dari Authentication. Authentication adalah proses untuk memastikan bahwa pelaku adalah benar-benar pelaku. Proses ini memastikan supaya kalau ada yang mengaku sebagai orang lain bisa terdeteksi sebagai orang lain. Demikian juga jika memang benar pelaku, maka proses juga dapat memastikan bahwa yang mengaku sebagai pelaku benar-benar sebagai pelaku.(sumber: https://www.proweb.co.id/).

Salah satu tujuan dari security adalah menjamin agar resource hanya boleh diakses oleh orang yang berhak dan orang yang berhak itu bisa mengakses resource tanpa halangan. (sumber: http://www.ilmuhacking.com)

Jadi tujuannya adalah untuk memastikan pelaku atau pengguna aplikasi berjalan sesuai fungsi yang bisa kita atur dan hanya boleh di akses resource oleh orang yang berhak. Dengan adanya aplikasi ini kita dengan hanya perlu memikirkan modul-modul (resource) yang kita butuhkan tanpa memikirkan hak akses.

Server Requirements, sesuaikan dengan codeigniter versi yang saya gunakan:

PHP version 5.6 or newer is recommended.
It should work on 5.3.7 as well, but we strongly advise you NOT to run such old versions of PHP, because of potential security and performance issues, as well as missing features.
A database is required for most web application programming. Currently supported databases are:
  • MySQL (5.1+) via the mysql (deprecated), mysqli and pdo drivers
  • Oracle via the oci8 and pdo drivers
  • PostgreSQL via the postgre and pdo drivers
  • MS SQL via the mssql, sqlsrv (version 2005 and above only) and pdo drivers
  • SQLite via the sqlite (version 2), sqlite3 (version 3) and pdo drivers
  • CUBRID via the cubrid and pdo drivers
  • Interbase/Firebird via the ibase and pdo drivers
  • ODBC via the odbc and pdo drivers (you should know that ODBC is actually an abstraction layer)
(sumber: codeigniter.com)

berikut adalah screenshort dari aplikasi,
1. Fitur Login
Pada aplikasi ini sudah disediakan fitur login, sebagai pintu masuk ke dalam aplikasi

2. Management Role
Pada management Role ini kita dapat mengatur method/link setiap controller di CI dan sesuai role yang kita inginkan berapa banyak.
User Role

Pengaturan hak akses setiap role, berdasarkan data menu


3. Management Menu
pengaturan menu yang dibutuhkan untuk setiap sub menu pada sidebar

4. Management Submenu
Pengaturan submenu setiap menu yang nanti nya akan di set pada user role

5. Mangement User
Pengaturan data user

Itu saja fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi, selebihnya tergantung kita mau di jadikan untuk apa aplikasinya tanpa pusing-pusing memikirkan hak akses dan seberapa banyak aktor yang terlibat pada aplikasi.

Sekian dulu yak, bagi yang berminat bisa hubungi saya dan ini tidak gratis ya. :-D Salam ngoding, jangan lupa titik koma (;)

Loading...

I am a fan of technology and i love coffee. I’m also interested in web programming and framework. below there are some accounts you can follow to contact me.

This Is The Newest Post

8 comments:

  1. coding / softcopy projectnya mana?

    ReplyDelete
  2. pake ini aja Bro tinggalin CI pindah ke YII2 atau Laravel, 2 FW itu libnya banyak untuk buat hak akses https://github.com/mdmsoft/yii2-admin(YII2) dan https://github.com/spatie/laravel-permission(Laravel) https://medium.com/swlh/create-an-admin-middleware-for-with-spatie-laravel-permission-6419152049cf

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan tidak apa-2 bro, kita semua saling menghargai karya orang lain.. hehe :-D

      Delete

Thanks for comments.
EmoticonEmoticon